Mobil Bekas: Tips Pintar Perawatan Mobil di Rumah dengan Mudah


Tips Pintar Perawatan Mobil di Rumah dengan Mudah

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang banyak digunakan saat ini. Mobil lebih dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti dapat menampung penumpang lebih dari 4 orang, dapat terhindar dari panas matahari pada siang hari dan hujan, dan tidak perlu takut terkena debu maupun asap kendaraan lainnya. Penumpang juga tidak perlu khawatir karena mobil telah dilengkapi dengan alat multimedia sehingga penumpang tidak bosan. Beberapa mobil didesain untuk keluarga, untuk jalanan yang tidak rata, untuk balapan dan lainnya. Mobil bekas salah satunya dapat dipilih namun perlu dilakukan juga cara merawat mobil supaya tetap bersih dan semua komponennya dalam keadaan baik.

Berikut adalah beberapa perawatan pada mobil yang dapat dilakukan di rumah diantaranya:


  • Cek starter mobil, biasanya starter tidak dapat dinyalakan karena berkurangnya suplay bahan bakar dan udara yang ada sehingga pengguna harus memeriksa dan membersihkan filter.
  • Lakukan penggantian oli secara rutin, biasanya pada jarak 3000 hingga 5000 km maka oli perlu diganti. Perhatikan juga penggunaan oli power steering, karena jika hampir habis maka setir akan berat.
  • Cek cairan radiator, bila radiator kosong akan menyebabkan overheat pada mesin mobil manual sehingga perlu dicek untuk tetap maksimal dan jangan lakukan penggantian ketika sudah menempuh jarak 1000 km.
  • Cek timing belt, jika muncul suara-suara yang mengganggu saat dinyalakan menandakan adanya kerusakan dan tetap periksa secara rutin.

Selain beberapa diatas juga, gunakan spare part original karena jika tidak dapat menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen mobil. Hindari untuk percaya dengan harga yang murah tetapi tidak berkualitas. Perhatikan juga penggunaan kopling yang tidak mudah aus. Lakukan penyetelan ketinggian kopling untuk memperhalus dan mempercepat perpindahan gigi. Beberapa cara merawat mobil dapat dilakukan tanpa harus ke bengkel untuk mengurangi pengeluaran. Salah satu aksesori mobil yang perlu dirawat adalah kaca spion, kaca spion merupakan hal penting untuk tetap bersih sehingga pengendara dapat mengemudi dengan baik sembari memperhatikan kiri dan kanannya. Kaca spion juga perlu disesuaikan dengan ukuran mobil, jika saat membeli mobil second kaca spion rusak maka sebaiknya tidak memilihnya.

Berikut adalah cara merawat kaca spion mobil bekas secara khusus diantaranya:


  • Lekas bersihkan jika spion kotor, jika tidak maka akan membuat jamur tumbuh dan jika terkena matahari akan membuat kotoran kuat menempel.
  • Jangan gunakan pembersih multiguna, karena dapat mengandung busa dan meninggalkan goresan dan noda pada spion.
  • Jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke spion, semprotkan ke kain pembersih. Cara ini untuk menghindarkan spion dari bintik-bintik akibat cairan pembersih.

Selain itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung saat dibersihkan sebaiknya pada tempat yang teduh. Permukaan spion yang panas dan saat dibersihkan dengan cairan pembersih dapat meninggalkan bintik-bintik dan garis-garis yang terkadang susah hilang. Dengan merawat kaca spion mobil maka pengemudi akan tetap aman dalam berkendara dan mampu menghindari berbagai kemungkinan yang terjadi di jalanan dengan sangat baik. Merawat mobil dengan cara diatas membantu pengguna mobil lebih mengenali komponennya dan juga akan mengetahui perkembangan pada performa mesin.

Dengan merawat mobil bekas maka pastikan tetap melakukannya secara rutin sekalipun juga melakukan servis secara berkala. Mobil dari tangan kedua ditawarkan dalam keadaan baik maka akan lebih baik lagi jika dirawat di rumah sehingga tampilannya terlihat baru setiap hari. Menggunakan beberapa aksesori interior juga perlu diperhatikan supaya tidak menyebabkan pemilik kesusahan dalam membersihkan mobil.

Belum ada Komentar untuk "Mobil Bekas: Tips Pintar Perawatan Mobil di Rumah dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel